Konsultasi Ekspor Impor

Service



Konsultasi Ekspor-Impor



Berbicara soal bisnis, kita bisa menemukan banyak hal yang berkaitan dengan bisnis seperti apa yang telah kita bahas sebelumnya. Tetapi jika Anda menjualkan barang, Anda tidak hanya bisa menjualkan barang didalam negara saja, tetapi Anda bisa melakukan Ekspor ke negara-negara di luar sana.

Kegiatan ekspor-impor ini memang sudah terjadi sejak lama, tetapi seiring berjalannya waktu, semuanya mulai untuk beradaptasi agar semuanya bisa berjalan dengan lancar. Ekspor itu sendiri berarti mengirimkan barang ke luar negeri dan harus mematuhi peraturan dan ketentuan berlaku untuk setiap negara. Tidak hanya melalui jalur darat, tetapi bisa juga jalur udara, air, yang mencakup Zona Ekonomi Eksklusif. Hal ini biasanya dilakukan untuk menambah pemasukan untuk negara karena hasil dari ekspor ini biasanya menghasilkan keuntungan banyak untuk negara.

Penjelasan sederhananya, arti ekspor adalah kegiatan menjual barang atau jasa ke luar negeri. Seseorang atau lembaga yang melakukan ekspor disebut dengan eksportir. Eksportir sendiri merupakan kegiatan badan hukum atau perorangan yang melakukan kegiatan ekspor. Kegiatan ekspor yang dilakukan dalam skala besar tentunya akan melibatkan Bea Cukai sebagai pengawas lalu lintas suatu negara.

Di Indonesia, terdapat 2 jenis ekspor yaitu migas dan non migas. Komoditas migas yaitu seperti minyak bumi dan gas. Sedangkan ekspor non-migas yaitu seperti hasil-hasil pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, kerajinan, barang industri, dan mineral hasil tambang.

Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi kegiatan ekspor:

  1. Keadaan pasar luar negeri
  2. Keahlian eksportir merebut pasar luar negeri
  3. Iklim
  4. Ketentuan perjanjian internasional
  5. Komoditas ekspor untuk Indonesia yaitu karet, minyak sawit, gas alam, batu bara, hasil hutan, hingga produsen garmen dan tekstil
Perlu diketahui juga bahwa tidak semua orang bisa melakukan ekspor karena adanya beberapa persyaratan yang harus diperhatikan dan dipatuhi. Kegiatan ekspor mampu menciptakan permintaan efektif baru yang membuat barang-barang di pasar dalam negeri mencari inovasi untuk menaikkan produktivitas. Kegiatan ekspor juga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan memperluas pasar di seberang lautan bagi barang-barang tertentu.

Sedangkan impor adalah merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2021, impor merupakan kegiatan memasukkan barang ke dalam daerah pabean. Pemasukan barang atau jasa dari luar negeri atau daerah pabean bertujuan untuk diedarkan ke dalam negeri atau daerah lalu lintas bebas.

Dalam bentuk jasa yang diterima dari luar negeri yaitu seperti asuransi, transportasi, tenaga asing juga diperhitungkan sebagai impor. Pada umumnya, pembelian barang impor merupakan barang-barang yang tidak dapat diproduksi di dalam negeri.

Berikut ini beberapa alasan suatu negara melakukan kegiatan impor:
  1. Negara pengimpor bisa saja memproduksi barang tersebut, namun biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal yang nantinya akan membuat harga barang dijual lebih mahal
  2. Negara pengimpor sudah bisa menghasilkan sendiri, namun tidak cukup untuk memenuhi permintaan dalam negeri
  3. Negara yang mengimpor tidak bisa memproduksi barang tersebut karena kurangnya bahan baku, keterampilan, dan lain sebagainya
Kegiatan impor dapat memberikan manfaat serta kerugian, terutama untuk produsen di dalam negeri karena bisa kalah bersaing dengan produk impor, baik dari sisi harga maupun kualitas.

Layanan untuk konsultasi ekspor maupun konsultasi impor, Anda bisa temukan di berbagai konsultan di Indonesia, tetapi Mahameru disini akan membantu Anda tentang apapun yang Anda butuhkan untuk melanjutkan ekspor-impor Anda ke tujuan yang maksimal. Selain itu juga, kami telah berpengalaman dalam bidang ini, kami bisa membantu untuk membuat pengurusan Importir terdaftar, dokumen persetujuan impor, dan sebagainya. Mahameru Service bertindak sebagai konsultan professional yang mampu membantu setiap klien menyelesaikan permasalahan mengenai Ekspor dan Impor. Hubungi Mahameru Service untuk informasi lebih lanjut lagi.